Kalender
Galery
KPDT Expo
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wakatobi dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Wakatobi,

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Dinas mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Dinas mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. Pelaksanaan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. Pelaksanaan urusan pengelolaan data dan pendayagunaan informasi hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil untuk kepentingan pembangunan;
  4. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD);
  5. Pembinaan terhadap Kelompok Jabatan Fungsional; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Susunan Organisasi

Susunan Organisasi Dinas terdiri atas:

a.   Kepala Dinas;

b.   Sekretariat terdiri dari :

    1. Subbagian Umum dan Kepegawaian; 
    2. Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
    3. Subbagian Program.

c.   Bidang Kependudukan terdiri dari :

    1. Seksi Pendaftaran dan Pendataan Penduduk;
    2. Seksi Mutasi dan Pengendalian Penduduk.

d.   Bidang Pencatatan Sipil terdiri dari :

    1. Seksi Pelayanan Pencatatan Sipil;
    2. Seksi Pengawasan dan Penyuluhan;

e.   Bidang Pengelolaan Informasi Kependudukan terdiri dari :

    1. Seksi Pembangunan dan Pengembangan Jaringan/Perangkat Informasi Kependudukan;
    2. Seksi Pelayanan Informasi Kependudukan;

f.    UPTD; dan

g.   Kelompok Jabatan Fungsional

Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data