Kalender
Jadwal Festival 2017
Galery
Bandara Wakatobi
Dermaga

 

Kabupaten Wakatobi yang terletak pada dua jalur pelayaran Internasional yaitu Laut Banda dan Laut Flores menempatkan Wakatobi sebagai daerah transit bagi pelayaran Nasional maupun Internasional baik ke wilayah Barat maupun Wilayah Timur Indonesia.

Sebagai daerah kepulauan Kabupaten Wakatobi yang dahulu lebih dikenal dengan sebutan Kepulauan Tukang Besi memiliki potensi kelautan yang luar biasa. Keberadaan pelabuhan/dermaga di Kabupaten Wakatobi merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi guna menunjang arus transportasi penumpang dan barang antar pulau baik Regional, Nasional dan Internasional.

Pembangunan  infrastruktur urusan perhubungan di Kabupaten Wakatobi selama tahun 2006-2011 diarahkan pada pembangunan infrastruktur perhubungan darat, laut dan udara. Selama tahun 2006-2011 kegiatan pembangunan Infrastruktur perhubungan laut telah berhasil mengembangkan 12 dermaga dengan persebaran sebagai berikut: Kecamatan Wangi-Wangi 3 unit, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan 2 unit, Kecamatan Kaledupa 2 unit, Kecamatan Kaledupa Selatan 2 unit, Kecamatan Tomia 1 unit, Kecamatan Tomia Timur 1 unit dan Kecamatan Binongko 1 unit. Berdasarkan data tersebut persebaran infrastruktur perhubungan laut di Kabupaten Wakatobi cukup merata di semua pulau dari Wangi-Wangi sampai Binongko. Ketersediaan 12 dermaga di Wakatobi telah mampu menggerakan ekonomi masyarakat, dan mempermudah mobilitas arus barang dan penumpang antar pulau. Bahkan Dermaga Pangulubelo yang terletak di Wangi-Wangi Ibukota Kabupaten Wakatobi telah rutin disinggahi Kapal Pelni yang melayani jalur pelayaran ke wilayah bagian barat dan bagian timur Indonesia. Selain itu Dermaga Pangulubelo juga digunakan untuk melayani rute pelayaran antar pulau dalam provinsi.

Di bidang perhubungan darat, Wakatobi juga telah dilayani jalur penyeberangan antara pulau (ASDP) dengan armada kapal ferry rute Wanci-Kamaru di Pulau Buton.

Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data