Kalender
Jadwal Festival 2017
Galery
Bandara Wakatobi
Bandar udara

Komitmen Pemerintah Kabupaten Wakatobi dalam mengatasi kendala aksesibilitas dan mendorong peluang investasi bagi kemajuan perekonomian daerah, diwujudkan dengan pembangunan Bandara Matahora yang terletak di Pulau Wangi-Wangi pada tahun 2007. Bandara Matahora mulai beroperasi sejak tahun 2009, ditandai dengan penerbangan perdana Maskapai Susi Air dengan jenis Pesawat Cessna berkapasitas 12 seat, melayani rute perbangan Wakatobi-Kendari PP.

Seiring perkembangan pembangunan dan mobilitas masyarakat di Kabupaten Wakatobi keberadaan Bandara Matahora terus mengalami peningkatan. Baik dari kualitas pelayanan pada sisi terminal bandara maupun layanan penerbangannya. Selain maskapai Susi Air, juga terdapat beberapa maskapi yang pernah beroperasi di Bandara Matahora antara lain Express Air dan Merpati Air Lines.

Sampai dengan tahun 2012 Bandara Matahaora telah memiliki panjang landasan 2500 M dengan Runway 2000 M dan Uprond 103 x 73 M,  Bandara Matahora juga telah dilengkapi dengan terminal penumpang. Saat ini layanan penerbangan di Bandara Matahora dilayani oleh Maskapai Penerbangan Lion Air (Wings Air) yang terbang setiap hari dengan rute Makasaar-Kendari Wakatobi PP dan Maskapai Aviastar yang terbang setiap Hari Rabu dengan rute Kendari-Baubau-Wakatobi PP.

Selain Bandara Matahora, di Kabupaten Wakatobi juga terdapat Bandara Maranggo di Pulau Tomia, yang dikelola oleh pihak swasta asing (Wakatobi Dive Resort), sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kepariwisataan.

Sebagaimana visi daerah, yaitu “Terwujudnya Surga Nyata Bawah Laut di Pusat Segitiga Karang Dunia”, dengan leading sektor Perikanan Kelautan dan Pariwisata, Kabupaten Wakatobi terus begerak membenahi infrastruktur di bidang perhubungan khususnya perhubungan udara.

Setelah sukses beroperasi Bandara Matahaora, pada tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Wakatobi tengah merintis pembangunan Bandara Mini Kaledupa yang terletak di Desa Sombano Kecamatan Kaledupa, keberadaan infrastruktur perhubungan udara ini semakin mempermudah akses bagi para wisatawan dan investor untuk masuk di Kabupaten Wakatobi.

Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data