Kalender
Galery
KPDT Expo
Berita
Ribuan Orang Ikut Memeriahkan Festival Barata Kahedupa

SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Festival Barata Kahedupa sudah untuk ketiga kalinya di gelar oleh masyarakat pulau Kaledupa.

Hari Senin, 17 September 2018 di lapangan sepakbola Ambeua, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi. Acara Karia yang menjadi acara inti festival Barata Kahedupa di hadiri ribuan masyarakat dan pengunjung.

Pengamatan awak Sultraline.id  di tempat acara, acara berlangsung meriah dan hikmad, di pandu oleh para SARA Barata Kahedupa mulai dari berjalan dari masjid agung Togo dengan jarak tempuh kurang lebih 5 km ke lapangan Ambeua tempat Batanga (tenda tradisional) dari bahan bambu dan daun kelapa.

Selanjutnya di langsungkan dengan proses adat dan helanda futa’ (injak tanah bagi peserta karia) dan pengambilan rambut bagi anak kecil.

“Semua proses diatas adalah proses adat yang telah secara turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Kaledupa” Ujar Surdani, SE selaku camat Kaledupa.

Surdani menambahkan, Sebelum acara hari ini telah melalui prosesi adat lebih awal seperti Hengkede’a nukaria, Lafatia nu Te’e, Lafatia nu bura, dan hekasuba’a, serta pingitan bagi peserta karia perempuan, dan khusus bagi peserta perempuan akan dilangsungkan besok (18/9/2018).

Turut hadir dalam acara Bupati Wakatobi H. Arhawi, SE, Wakil Bupati Ilmiati Daud, SE, Ketua DPRD Wakatobi Muh. Ali, SP, Sekretaris Daerah Muh. Ilyas Abibu, SE, M.DM.

Berita Lainnya
Festival Barata Kaledupa 2018 di Wakatobi : Pesta Budaya yang Besar di Pulau Kaledupa, Wakatobi Berlangsung di pulau surga bawah laut tropis Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Festival Barata Kaledupa 2018 direncanakan akan kembali digelar di Pulau Kaledupa pada tanggal 15 - 18 September 2018. ....
Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data