Kalender
Galery
Berita
Festival Barata Kaledupa 2018 di Wakatobi : Pesta Budaya yang Besar di Pulau Kaledupa, Wakatobi

Berlangsung di pulau surga bawah laut tropis Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Festival Barata Kaledupa 2018 direncanakan akan kembali digelar di Pulau Kaledupa pada tanggal 15 - 18 September 2018.   Kali ini seiring dengan dunia bawah lautnya yang fantastis, pulau-pulau tersebut berniat untuk menampilkan budaya masyarakat yang menampilkan pertunjukan kesenian tradisional, permainan rakyat, selera kuliner, dan kerajinan tangan.

Festival ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rangkaian acara tahunan Wakatobi Festival dan Expo (Wave)  yang indah yang akan berlangsung di Pulau Wangi-wangi.

Puncak festival akan menjadi 'Karia' yang diterjemahkan berarti 'pesta'. Bagi orang Wakatobi, Karia mengacu pada perayaan yang dirayakan pada saat-saat penting dalam kehidupan seseorang seperti kelahiran, usia lanjut, dan pernikahan. Dalam festival ini, Karia akan menggambarkan perayaan seputar usia seseorang atau ritual yang melambangkan transformasi dari anak ke masa dewasa. Sebelum festival, mereka yang merayakan kesempatan tersebut akan mengirim jagung, kelapa, dan berbagai tanaman lainnya ke kepala sesepuh desa. Hasil panen ini akan memberikan kontribusi untuk  jamuan makan di acara tersebut.

Ritual Henauka Nu Mo'ane akan dipentaskan dan diikuti oleh Henauka Nu Wowinethe keesokan harinya. Di Henauka Nu Mo'ane, anak laki-laki yang berpartisipasi dalam ritual tersebut akan diarak dari sebuah masjid ke lapangan terbuka dimana Karia akan berlangsung. Keesokan harinya Henauka Nu Wowine, giliran gadis-gadis itu diarak dari rumah mereka ke lapangan disertai lagu dan tarian tradisional.

Ritual lain yang menarik adalah 'porimbi-rimbia', tradisi pra-perjodohan untuk anak laki-laki dan perempuan di pulau ini. Orang tua dari anak laki-laki akan mengunjungi orang tua anak perempuan bersama dengan prosesi persembahan makanan, tanaman pangan dan uang yang dirancang dalam bentuk rumah sebagai simbol proposal dalam pernikahan.

Seluruh proses Karia akan sampai pada final-nya dengan ritual Hebangka. Ritual Hebangka-bangka akan ditandai dengan dikeluarkannya miniatur kapal tradisional Wakatobi yang membawa barang tradisional ke tempat laut terbuka. Tindakan ini melambangkan pelepasan semua kesalahan dan kejadian yang tidak semestinya yang mungkin terjadi selama ritual karia.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk benar-benar dekat dengan orang-orang Wakatobi dan budaya unik mereka. sumber: www.pedomanwisata.com

Berita Lainnya
Ribuan Orang Ikut Memeriahkan Festival Barata Kahedupa SULTRALINE.ID, WAKATOBI – Festival Barata Kahedupa sudah untuk ketiga kalinya di gelar oleh masyarakat pulau Kaledupa. Hari Senin, 17 September 2018 di lapangan sepakbola Ambeua, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi. ....
Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data