Kalender
Galery
KPDT Expo
Berita
Belajar Dari Solo, Pemkab Undang Walikota Solo Jadi Pembicara Pada Seminar Budaya Nasional di Wakatobi

Wangi-Wangi, Pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2014 mendatang, Pemerintah Kabupaten Wakatobi akan menggelar Seminar Budaya Nasional. Kegiatan ini terpusat di Kota Wangi-Wangi Wakatobi. Untuk memantapkan persiapan Pemkab Wakatobi telah membentuk panitia lokal yang bekerja mempersiapkan segala kebutuhan selama pelaksanaan kegiatan.

Sekertaris Daerah Drs. Sudjiton MM mengatakan pada pelaksanaan seminar nanti, Pemkab Wakatobi telah menggundang sejumlah narasumber untuk memaparkan makalahnya. Beberapa narasumber yang diundang diantaranya Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo. Sekda menjelaskan Wakatobi sebagai kabupaten Baru yang telah meletakan visi untuk menjadikan sektor Pariwisata dan Budaya sebagai leading pembangunan disamping sector kelautan dan perikanan, harus bisa belajar dari keberhasilan Pemkot Surakarta menjadikan budaya di Solo sebagai penopang ekonomi masyarakat kota itu, khususnya dari sektor pariwisata.

“Alasan inilah yang mendasari sehinga kita mengundang Wali Kota Solo untuk jadi pembicara pada seminar budaya nasional ini,” bebernya.

Narasumber lain yang diundang adalah Hubert Gijzen  yang merupakan Director and Representative Unesco di Jakarta. Saat ini Pemkab Wakatobi tengah memperjeuangkan tarian Lariangi agar tercatat sebagai tarian asli Wakatobi di Unesco, sehingga dipandang perlu untuk menghadirkan perwakilan Unesco sebagai pembicara dalam kegiatan ini. Tarian Laringi yang merupakan tarian khas Wakatobi dari Pulau Kaledupa akan ditampilkan full selama pelaksanaan kegiatan ini.

Prof. Pudentia Maria Purenti Sri Sunarti, M dari Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) juga akan hadir menyajikan materi, diundang pula Kepala Bappeda Jakarta Ir. Andi Baso Mappapoleonro MM dan Prof. Dr. Harun Daud dari Penang Malaysia.

“Kita juga akan menghadirkan akademisi kelahiran Wakatobi yakni Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin MSc. MEng beliau sangat mengusai sejar dan budaya kemaritiman kita, yang tentu akan semakin memperkaya khasan para peserta dalam kegiatan seminar budaya ini,” katanyanya.

 

Sementara itu Sekertaris Panitia, La Ode Usra, SPd mengatakan kegiatan Seminar Budaya Nasional Wakatobi akan diikuti 150 orang peserta, 50 % diantaranya merupakan peserta dari Wakatobi yang terdiri dari perwakilan pemerintah, tokoh adat, pemerhati dan pelaku budaya. Sedangkan sisanya merupakan peserta dari luar Wakatobi.(Humas)

Berita Lainnya
Pengumuman Pemilihan Gagal Disampaikan dengan hormat kepada seluruh peserta Pemilihan Mitra KSP Saran dan Prasarana Pariwisata Barang Milik Daerah Kabupaten Wakatobi Tahun 2020 untuk Objek KSP, Pusat Kuliner Area By Pass Wanci, ....
PENGUMUMAN PEMILIHAN GAGAL
Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data